Jumat, 04 November 2011

FIKSI atau FAKTA??

Ada banyak ungkapan-ungkapan yang sering ducapkan ataupun kejadian-kejadian unik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti sebuah ungkapan yang telah sering kita dengar seperti "mata itu jendela hati" atau yang sering kita nonton di pilem-pilem seperti adegan seseorang yang merokok lalu mengeluarkan asapnya lewat telinga.
Hal inilah yang sedikit membuat saya penasaran dan ingin mencari fakta tentang itu semua berdasarkan ilmu kedokteran yang saya pelajari, berikut fakta atau fiksi dari ungkapan atau kejadian unik berikut:
1. Ungkapan: Mata adalah jendela Hati.
Ungkapan ini sangat tepat jika kita melihatnya dari sudut pandang Psikiatrik. Hati yang dimaksud disini adalah hati yang menjadi pusat perasaan manusia atau lebih tepatnya Jiwa, dalam kondisi perasaan tertentu-senang,sedih,takut,marah kita dapat mengetahuinya melalui mata orang tersebut. Namun pernyataan ini sedikit keliru sebab hati bukanlah tempat pusat perasaan seseorang, jadi lebih baik kita sebut Mata adalah jendela Jiwa.
Namun berdasarkan ilmu eksak kedokteran ungkapan ini dapat dibenarkan, jadi bisa kita sebut FAKTA mengapa demikian? Karena untuk mengetahui seseorang terkena penyakit hati (organ manusia, bukan berarti perasaan atau jiwa) seperti hepatitis atau sirosis hepatis atau penyakit hati lainnya, kita dapat melihat matanya, jika terlihat mata yang berwarna kuning maka mengindikasikan terjadi gangguan di hati.
2. Kejadian unik: Menangis Darah
Ungkapan ini memang kesannya horor, apalagi kalo kejadian ini dimainkan disebuah pilen dengan peran seorang setan perempuan berbaju putih, berwajah pucat dan dari matanya keluar air mata darah. Berdasarkan ilmu yang saya pelajari air mata berupa darah itu tidak ada, akan tetapi keluarnya darah ketika menangis itu mungkin saja terjadi.
Hal ini dikarenakan adanya saluran yang menghubungkan antara hidung dengan mata, yaitu ductus nasolacrimalis. Jadi kejadian ini bisa saja terjadi, misalnya pada seorang anak yang menangis karena mimisan lalu menghisap darah mimisnya, maka dara tersebut dapat memasuki saluran menuju mata dan terjadilah menangis darah. Hanl ini sangat jarang terjadi bahkan mungkin tak pernah, tapi mungkin untuk terjadi. Jadi ini sebuah FAKTA
3. Kejadian unik: Asap rokok keluar dari telinga.
Pastinya kita semua pernah melihat adegan di sebuah pilem dimana ada orang merokok dan keluar asapnya dari hidung dan telinga. Jika asap itu keluar dari hidup itu merupakan hal yang fisiologis, dikarenakan adanaya hubungan antara hidung dan mulut di tenggorokan. Namun lain halnya jika keluar dari telinga, secara anatomis memang ada saluran penghubung antara mulut dengan telinga melalui tuba Eustachius yang terdapat di tenggorokan (faring). Namun walaupun tuba tetapi hanya menghubungkan ke telinga tengah, sedangkan telinga tengah dan telinga luar dipisahkan gendang telinga (Membran Tympani). Jadi tidak memungkinkan hal ini terjadi, kecuali jika terjadi lubang pada gendang telinga. Berarti ini FIKSI
4. Kejadian unik: Memegang dada sebelah kiri
Apa yang salah dengan memegang dada sebelah kiri?? Anda pasti pernah melihat seorang cowok yang sedang merayu ceweknya berkata,"hatiku akan seslalu milikmu", sambil berkata demikian cowok itu memegang dada sebelah kirinya seolah menunjukkan hatinya berada di sebelah kiri. Anda juga pasti pernah melihat vokalis Lyla band menyanyikan lagu jantung hatiku, sambil menepuk-nepuk dada kirinya. Atau anda pernah melakukan hal demikian?? Kalau anda salah satu yang melakukan hal itu segera 'bertobatlah', sebab anda keliru. Hati yang anda maksud adalah Jiwa atau perasaan, dan dalam ilmu anatomi, jiwa tidak memiliki struktur dan letak dalam tubuh manusia, sehingga tak dapat dijelaskan secara anatomi. Jika yang anda maksud hati (Hepar,Liver) adalah organ hati dalam tubuh manusia, anda juga keliru sebab organ hati terletak di perut kanan atas. Lalu apa yang ada di dada kiri? Jawabannya adalah jantung, dan memang dalam bahasa inggrin jantung disebut Heart, yang dapat juga diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai hati(perasaan). Namun secara ilmu anatomi hal ini tidak tepat, jadi bisa kita sebut ini sebuah FIKSI. Ada pertanyaan?? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar