Minggu, 13 November 2011

Bukti Papua!

Bumi Papua bergejolak dengan masalah Freeport dan separatis OPM. Masalah tak pernah henti menghampiri Papua. Padahal pulau paling timur dari Indonesia ini merupakan pulau paling kaya dari semua pulau di negri pertiwi. Bayangkan berapa juta dollar yang telah dihasilkan Freeport? Tak pernah ada yang tahu, yang kami tahu orang Papua masih tetap miskin. Akar dari semua masalah itu adalah ketidakadilan yang diterima oleh orang-orang Papua. Ironis memang, karena merekahlah yang seharusnya lebih menikmati gelimang dollar hasil tanah mereka. Kenyataannya sekarang mereka yang kaya malah menjadi salah satu provinsi yang tertinggal dibanding provinsi lain di Indonesia.
Kontradiksi dengan apa yang terjadi di negri Papua. Tiga pemuda asal Papua, Okto Maniani, Titus Bonai dan Patrich Wanggai, menjadi barisan terdepan menghancurkan pertahanan lawan di atas lapangan hijau dalam perhelatan SEA Games 2011. Mereka punya skill dan speed, dua modal yang sangat dibutuhkan seorang pemain sepak bola. Dan nilai plusnya mereka memiliki kemampuan shoot di atas standar pemain sepak bola di negri ini. Apa yang anak-anak Papua ini perbuat adalah bukti bahwa mereka pantas untuk dibanggakan, mereka memiliki kualitas yang sangat mumpuni. Bukan cuma itu, di Timnas U-23 kali ini cukup banyak di isi oleh darah Papua, seperti Lukas Mandowen dan Stevie Bonsapiah. Bukan cuma itu saja, kita masih banyak mengenal para anak Papua yang sangat berprestasi dalam bidang olahraga terutama sepak bola, seperti Rully Nere yang berhasil memberi emas di SEA Games 1987 dan si bocah emas sepak bola Indonesia, Boaz Sallosa.
Sedangkan di cabang lain kita mengenal srikandi angkat besi Indonesia, Lisa Rumbewas yang berhasil mempersembahkan medali perak Olimpiade 2000 Sydney. Bukan cuma di olahraga, dalam bidang ilmu pengetahuan pun kita mengenal banyak nama Papua, seperti salah satu fisikawan terbaik Indonesia Hans Jacobus Wospakrik atau anak-anak Papua yang berhasil mengumandangkan Lagu Indonesia Raya dalam ajang Olimpiade Sains tingkat Internasional. Papua tidak hanya punya sumber daya alam tapi mereka juga punya sumber daya manusia yang hebat. Mungkin mereka hanya makan sagu, tapi mereka punyah anugerah luar biasa dari Sang Pencipta.
Mereka tidur di atas emas
Mereka berenang dalam minyak
Tapi semua itu bukan milik mereka, karena mereka hanya berdagang buah pinang..
Matahari terbit di Raja Ampat
Salju turun di Puncak Jaya Wijaya
Tapi mereka bukan penguasa, mereka hanya pengemis di tanah sendiri..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar