Minggu, 11 Desember 2011

Helen Keller


Semalam, ketika mengikuti Ibadah Perayaan Natal NHKBP Padang Bulan ada sebuah kisah yang sangat inspiratif yang dipertunjukkan dalam sebuah video dokumenter, kisah tentang seorang yang tidak biasa dengan kisah hidup yang sangat luar biasa. dialah Helen Adams Keller.


Helen Keller terlahir normal, namun karena panas tinggi yang dideritanya saat usia 19 bulan, Helen akhirnya menjadi buta dan tuli. Helen tumbuh menjadi anak yang pemarah karena kegelapan dan kesunyian yang ia rasakan. Hingga akhirnya diusia 7 tahun ia mendapatkan seorang guru bernama Anne Sullivan, guru yang tekun dan penyabar. Sang guru mengajak Helen ke sebuah pompa air tua, lalu Helen diminta untuk merasakan air yang keluar dari pompa tersebut. Helen merasakan kesejukan di kedua telapak tangannya, mulai hari itu Helen belajar kata pertamanya dalam bahasa isyarat, yaitu kata W-A-T-E-R (A-I-R). Sejak saat itu Helen mengalami metamorfosis dari kehidupannya yang sebelumnya. Gadis kecil buta dan tuli itu tidak lagi ingin melihat dunia tapi ingin merasakannya dengan segala kemampuannya. Ia belajar bahasa Perancis, Jerman, Yunani dan Latin lewat Braille. Pada usia 20 tahun, ia kuliah di Radcliffe College, cabang Universitas Harvard khusus wanita. Annie menemani Hellen untuk membacakan buku pelajaran, huruf demi huruf lewat tangan Helen dalam huruf Braille. Hanya 4 tahun, Helen lulus dengan predikat magna cum laude.


Singkat cerita Helen menjadi wanita yang sangat berpengaruh saat masa hidupnya. Bahkan ia dijuluki sebagai Keajaiban Dunia yang Ke-8. Helen Keller telah berhasil bermetamorfosis dalam hidupnya. Hal itulah yang menurut saya paling penting dalam hidupnya. Ia mampu keluar dari dirinya yang dulu menjadi dirinya yang lebih baik.
Dan pagi ini saya mendengar khotbah tentang metanoya, yang berarti perubahan atau pertobatan. Ada banyak contoh poses perubahan tapi tidak semuanya berubah menjadi baik. Ular mampu berganti kulit, tapi ia tetap menjadi ular, berbeda dengan ulat yang bermetamorfosis menjadi kupu-kupu yang disukai banyak orang. Helen Keller adalah contoh hidup metanoya dan sebuah saksi hidup dalam Tuhan tidak ada yang mustahil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar